Jakarta – Salah satu satwa Taman Safari Indonesia di Bogor, kuda nil, makan plastik. Sampah plastik yang dimakan itu dilempar oleh salah satu pengunjung.

Kejadian ini dibenarkan oleh pengelola Taman Safari Indonesia. Peristiwa kuda nil memakan sampah plastik itu berlangsung pada Minggu (7/3/2021) lalu.

“Betul kejadian itu ada di Taman Safari Bogor, hari Minggu tanggal 7 Maret sekitar pukul 18.00 WIB,” jelas Yulius H Suprihardo, Media Relation Taman Safari Indonesia.

Baca juga: Para Perempuan Penjaga Hutan Papua, Laki-laki Tak Boleh Masuk

Kuda nil makan sampah di Taman Safari Indonesia Bogor viral di media sosial. Dalam sebuah rekaman, terlihat adanya sampah plastik di dalam mulut hewan ini.

Narasi dalam video itu mengatakan bahwa sampah itu dibuang dari sebuah mobil berpelat nomor mobil asal Bandung atau D 1581 VN. Kejadian ini pun jadi perhatian para netizen.

Traveler tak terima akan tingkah laku pengunjung yang begitu tega memberi makan sampah ke kuda nil. Mereka ingin pengunjung ini bertanggung jawab.

Baca juga: Tragis! Kuda Nil di Taman Safari Bogor Dikasih Makan Sampah

“Satwanya aman. Botol plastik itu sudah sempat dimuntahkan,” kata Yulius.

Taman Safari Bogor tak tinggal diam terkait kejadian tragis kuda nil memakan sampah ini. Pengelola akan memprosesnya.

Pelempar Sampah Botol Plastik Minta Maaf

Setelah ditelusuri pihak Taman Safari, si pelaku pelempar botol plastik ditemukan dan dimintai klarifikasi. Pelaku itu seorang ibu berusia 64 tahun bernama Khadijah.

Setelah video itu ramai, Selasa pagi Khadijah kembali ke Taman Safari Bogor. Mereka meminta maaf kepada pengelola Taman Safari. Dari pengakuan Khadijah, ia tidak sengaja melempar sampah botol ke luar mobil. Penumpang lainnya pun tidak tahu kalau Khadijah membuang sampah ke luar mobil.

Perempuan asal Cicalengka, Jawa Barat itu bilang baru pertama kali berkunjung ke Taman Safari Bogor.

“Saya melempar enggak sengaja itu, enggak sengaja,” kata Khadijah dalam unggahan video di akun Instagram @taman_safari, yang dikutip Selasa (9/3).

“Minta maaf seluruh Indonesia sama seluruh Taman Safari saya minta maaf sekali, saya kalap, jangan ikuti saya,” dia menambahkan.

Meski telah meminta maaf, Taman Safari telah melaporkan peristiwa itu kepada kepolisian untuk diusut lebih lanjut.

“Saat ini Ibu Khadijah sudah dibawa oleh pihak berwenang untuk diproses secara hukum,” demikian keterangan di akun Instagram Taman Safari.

Baca juga: Mencicipi Tanjakan ‘Super Pedas’ di Embrio Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *